Nuansa Bisnis : Bisnis Blender

Peralatan rumah tangga atau dapur adalah hal wajib bagi setiap keluarga kecil maupun besar. keberadaan barang sederhana seperti blender tampaknya sangat sederhana namun tak dipungkiri bahwa alat blendertersebut harus ada disetiap rumah.
Demikian halnya peralatan listrik rumah tangga yang lainnya seperti setrika,mixer,rice cooker,majic jar,pompa dan masih banyak lagi macamnya begitu membantu ibu-ibu dalam melakakukan pekerjaan rumah tangga mereka.
Persoalan terhadap alat-alat tersebut timbul apabila salah dalam pemakaian atau frekwensi yang tinggi penggunaannya. Tak ayal yang namanya spare part salah satu bagian dari peralatan tersebut sering mengalami kerusakan.
Keputusan yang paling mudah adalah membuangnya dan membeli peralatan yang baru. Itu sudah pasti keputusan yang dari kalangan keluarga yang mampu dari sisi ekonomi. Tapi tidak demikian halnya pada keluarga ‘Super Irit’ ataupun yang kurang mampu.
Mengotak-atik adalah pilihan utama bila mendapati peralatan dapur mereka rusak. Kalau lagi ‘beruntung’ peralatan bisa diakali dengan perbaikan kecil. Tapi ada kalanya sering menemui kendala peralatan atau cara memperbaikinya.
Berikut ini ada tip-tip yang berguna dalam pemakaian alat-alat listrik rumah tangga seperti blender :
  • Lama waktu pengoperasian diusahakan tidak lebih dari 3 menit.
  • Setelah mencapai waktu tersebut ternyata bumbu atau buah belum halus maka matikan sebentar lalu hidupkan lagi dengan waktu paling lama 3 menit.
  • Demikian seterusnya. Ada beberapa merk blender yang terkenal di pasaran sudah dilengkapi dengan thermofuse semacam alat pengontrol panas pada motor/dinamo blender tersebut.

Meskipun motor tersebut tahan terhadap panas yang berlebihan dengan mematikan diri secara otomatis walaupun melewati waktu ideal pengoerasiannya,namun tidak berlaku terhadap onderdil lainya seperti Upper karet yang biasa terletak bagian bawah gelas blender. Yang berikutnya adalah Lower plastik yang merupakan gigi penggerak dan terdapat pada bagian body atas motor/dinamo.
Apabila terdapat kerusakan rata-rata para pemilik peralatan tersebut yang kurang mengetahui seluk beluk penggantian onderdil tersebut sudah pasti akan menyingkirkannya. Mungkin yang paling sederhana adalah dibawah ke tukang servis. Ada cara mudah untuk mengganti onderdil tersebut. Untuk upper karet kita cukup memegang bagian pisau dengan lap tebal. hati-hati bagian ini sangat tajam. Setelah itu putar upper karet kearah kanan (u/merk National,Nasional,Airlux,dan sejenis/model) atau ke arah kiri (u/merk seperti maspion dan beberapa merk lainnya). Untuk bantuan memutarnya bisa menggunakan lower plastik (pasangannya) atau juga bisa dengan tang. setelah terlepas bisa diganti onderdil yang baru dengan arah yang berlawanan.
Sedangkan untuk melepas lower plastik kita gunakan kayu dan palu. Caranya posisikan kayu yang berukuran sedikit panjang kira-kira 20 cm pada bagian sudut lower dan pukul kayu tersebut dengan palu kearah kanan seperti merk atau model diatas atau ke arah kiri seperti merk atau model seperti di atas. begitu terlepas kita tinggal mengganti dengan cara yang berlawanan. Harga onderdil upper karet dan lower plastik berkisar Rp 5.ooo,- s/d Rp 10.000,- per biji. Murah bukan..? Anda pelaku bisnis servis alat rumah tangga atau Ingin tahu jenis onderdil peralatan listrik dapur lainnya?lihat..>>

Labels: , , , ,

0 comments: